RSS Feed

  • Twitter
  • Digg
  • Stumble

Monday, July 4, 2011

Damn Imigrasi Indonesia!

Gak tau ya mungkin agak kasar bikin judul kayak di atas. Tapi asli banget, I come in a very mad moment that I found them so annoying and heartlessly.

Ini niat banget lo emang jauh-jauh ke Jakarta cuman buat urus visa. Tadi pagi bangun jam6 pagi terus saya harus menempuh perjalanan dari Depok-Jakarta tuh 1,5jam ke kantor Imigrasi. Sampek sana tanya-tanya orang kantor yang ngelayanin SRPRI di lantai berapa. Yak ampun gak ada yang ramah di sana. Smuanya sok banget, aduh apa sih hebatnya jadi pegawai negeri kayak kalian. Kenapa sih harus sok belagu gitu. Papa saya juga pegawai negeri, tapi papa saya gak kayak petugas-petugas kayak kalian lo. Papa saya berpendidikan & ramah.

Sampe lantai 4 ketemu sama petugas, ternyata dijelasin kalo kuota berkas yang diterima cuman 30, jadi kalo uda lebih dari itu gak bisa terima berkas lagi. Saya sampai sana jam set9 pagi & kuota terima berkas uda habis. What THE HELL?? Kenapa gak diinfoin sih pak kalo ada scene drama ginian. Sedih saya ini kalo sia-sia gini. Trus bapaknya bilang juga kalo pelayanan ambil no antri dari jam7 pagi. Yak ampunnnn pak tolong diinfokan dong!! Saya cuman dapet email dari salah satu staff Ditjen Imigrasi (bulan lalu waktu saya tanya prosedur) yang bilang kalo pelayanan dimulai jam9pagi sampe jam12siang. Itu pake prosedur apaan lagi ambil no antri dari jam7 pagi. :( :(

Percakapan antara saya sama petugas: (Mohon tolong dibayangkan ini petugas ngomong agak congkak gitu ya modelnya)
Saya : "Pagi Pak, saya ingin mengajukan SRPRI utk visa work and holiday . Sudah mulai bisa ya Pak jam segini?"
Petugas : "Loh mbak sudah habis kuota terima berkasnya"
S : "Hah? Maksudnya saya gak bisa kumpul berkas hari ini? Kenapa Pak?"
P : "Iya mbak, jadi gini : kita mulai buka proses ambil no antrian jam7 pagi trus ntar jam8 baru kita panggil untuk kumpul berkas"
S : "Loh pak, saya hanya dapet info dari salah satu contact person Ditjen Imigrasi melalui email kalo pelayanan dimulai jam9. Trus yang jam9 ini pelayanan apa?"
P : "Oh enggak mbak. Prosedur kita emang gitu. Jam7 ambil no antri jam8 kita panggil. Mbaknya dateng lebih awal aja buat ambil no antri. Nanti harus isi daftar hadir dulu sebelum ambil no antrian. Biasanya kita mulai siapkan list daftar hadir dari jam6 pagi"
S : *shocked* "Hah? Daftar hadir gimana Pak? Jadi gak bole langsung ambil no antrian?"
P : "Iya mbak, ada daftar hadir. Jam6 kita uda taruh listnya. Mbak isi dulu. Biasanya jam6 uda penuh orang di sini, mereka langsung isi"
S : "Kok info yang saya terima gak kayak gini sih?" *setengah mewek+lemes*
P : "Wah ya nggak tau mbak. Udah mbaknya dateng aja jam5 pagi"

Brengsek banget lo emang mereka ini!!! Dikiranya rumah kakak saya deket. Kakak saya di Depok. It means saya harus berangkat dari rumah jam4 pagi?????? Astagaaaa!!! Ini saya ngeblog sambil mewek, nyesek dada banget lagi. Hiks.

Sempet ya sebelum saya pulang, saya tanya lagi ke petugas tentang proses mendapatkan SRPRI tuh berapa hari:
S : "Prosesnya berapa lama ya Pak utk mendapatkan SRPRI?"
P : "Yah 3-5 hr ya mbak"
S : "Hah? Saya pernah baca pengalaman orang ada yang dapet hanya dalam waktu 2hari pak"
P : "Wah kalo sekarang gak bisa mbak"
S : "Saya bukan asli Jakarta Pak, saya uda book tiket pulang juga. Kalo proses nya 5hr, saya keburu pulang. Apa tidak ada pertimbangan khusus buat peminta yang dari luar Jakarta? Kalo saya baru bisa kumpul berkas besok kan ada kemungkinan saya terima minggu depan"
P : "Gak ada mbak. Emang gak pasti kok. Ya udah mbak nya mundurin tiket pulang aja"

Paling males emang urusan sama instansi pemerintah. Pada gak punya hati semua. Sok-sok semua. Kalo kayak gini, saya jadi malu pegang WNI. :( :(

Tuhan, tolong kasi saya kesabaran. Aminnnn.

0 comments:

Post a Comment